Macam Macam Teknologi Tepat Guna yang Ada di Sekitar Kita

Teknologi yang semakin berkembang pesat di era modern, diciptakan dengan maksud untuk mempermudah segala kegiatan manusia setiap hari. Ada macam macam teknologi yang mengalami kemajuan signifikan dan telah menyentuh hampir semua kegiatan manusia. Baik itu dari segi informasi, komunikasi, pendidikan, transportasi, medis, pertanian dan masih banyak lagi.

Dari semua perkembangan macam macam teknologi itu, ada istilah teknologi tepat guna yang jarang diketahui masyarakat luas. Biasanya teknologi ini memiliki berbagai ragam, menyesuaikan dengan penerapan penggunaannya. Adapun karakteristik dari teknologi ini adalah terdesentralisasi, berskala kecil, padat karya, menyesuaikan dengan kondisi yang ada dan hemat energi.

Berikut beberapa teknologi tepat guna yang telah dikembangkan dan dirasakan oleh manusia, yaitu:

1. Mesin penebar pupuk

Sebelumnya masyarakat yang bergelut di bidang pertanian, membutuhkan waktu yang lama untuk menyebarkan pupuk dan memerlukan keakuratan jarak yang sama. Dengan adanya mesin penebar pupuk ini, hal tersebut bisa diatasi dan tentu saja hanya membutuhkan sedikit waktu pengerjaan.

2. Mesin penggiling daging

Bagi pengusaha bakso dan sosis, untuk menghaluskan daging, jika dilakukan dengan cara manual tentu akan memakan waktu yang sangat lama. Apalagi jika harus memproduksi dengan jumlah yang sangat banyak setiap harinya. Maka, dengan adanya mesin penggiling daging ini, pekerjaan akan lebih efektif dan efisien, dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Daging yang dihasilkan pun menjadi lebih halus.

3. Mesin penetas telur

Mesin ini benar-benar memberikan kemudahan bagi para peternak dalam pengembang-biakan unggas. Sangat cocok diterapkan untuk segala jenis telur yang ada, baik itu telur ayam, telur bebek, puyuh dan lainnya.

4. Mesin USG

USG biasa digunakan dalam hal medis, terutama untuk pemeriksaan kandungan seorang ibu. Dengan adanya teknologi ini, sangat membantu untuk mengetahui usia kandungan dengan akurat, mengetahui perkiraan waktu melahirkan, perkiraan jenis kelamin, dan kelainan janin yang mungkin terjadi pada janin selama kehamilan.

5. Proyektor

JIka dulu untuk mempresentasikan sesuatu ataupun dalam melakukan pengajaran, masih menggunakan white board atau papan tulis. Maka dewasa ini, banyak yang menggunakan proyektor sebagai media untuk memberikan informasi secara langsung dalam sebuah pertemuan. Selain lebih efisien, hal ini juga dapat merangkum materi yang banyak, yang telah dipersiapkan sebelumnya. Penampilan yang dihadirkan pun bisa dibuat semenarik mungkin, untuk menarik perhatian.

Itu tadi macam macam teknologi tepat guna yang telah bisa kita rasakan. Ternyata ada banyak ragamnya dan dipergunakan sesuai fungsinya. Semoga bermanfaat.