Penyebab Anak Susah Tidur yang Harus Diketahui

anak susah tidur

Guna menemukan solusi untuk mengatasi anak susah tidur, setiap orang tua wajib mengetahui apa saja penyebab-penyebabnya. Karena ada banyak sekali faktor penyebab anak yang sulit tidur di malam hari. Dengan mengetahui penyebabnya, maka Anda tidak akan sulit untuk mengatasinya.

Nah, berikut ini kami akan coba membahas berbagai penyebab-penyebab anak susah tidur agar Anda tidak kesulitan saat mengatasinya.

1.  Penyebab Akibat Faktor Biologis

Ternyata, susah tidur yang dialami oleh anak-anak juga berkaitan dengan faktor biologis mereka. Contohnya seperti faktor biologis akibat temperamen dan juga usia. Temperamen atau watak yaitu kepribadian yang dimiliki oleh setiap orang.

Anak yang lebih rewel biasanya mudah tersinggung dan sulit merespon perubahan. Anak yang memiliki sifat ini biasanya memiliki masalah sulit tidur di masa kanak-kanak.

anak susah tidur

Meski begitu, seiring dengan bertambahnya usia mereka, kecenderungan ini akan menurun. Atau bahkan mereka bisa lebih mandiri karena rutinitasnya sebelum tidur.

2.  Susah Tidur Karena Faktor Lingkungan

Lingkungan yang kami maksud disini yaitu tempat tidur mereka. Contohnya yaitu adanya TV dan perangkat gadget yang biasa terdapat di kamar tidur si kecil. Faktor alat elektronik dan gadget yang ada di kamar juga dapat mempengaruhi kualitas tidur si kecil.

Gadget akan membuat si kecil untuk tetap memainkannya. Begitu juga dengan komputer maupun laptop. Di lain sisi, cahaya dari gadget seperti smartphone ini dapat mengakibatkan anak menjadi susah tidur.

Selain itu, kini gawai juga sudah digunakan sebagai perangkat untuk bermain game. Jika sudah demikian, tentu saja anak-anak akan sulit tidur sesuai dengan jadwal tidurnya.

3.  Tidak Membiasakan Tidur Pada Jadwal yang Sudah Ditentukan

Anak-anak memiliki jam tidur yang lebih lama dibandingkan orang dewasa. Jam tidur anak yang ideal yaitu 9 hingga 11 jam yang bangun tepat jam 5 pagi. Maka dari itu, diperlukan jadwal yang tepat agar kualitas tidurnya bagus dan juga bangun tepat waktu.

Namun sayangnya, tidak semua anak tidur pada jadwal yang sudah ditentukan. Jika sudah menjadi kebiasaan, maka hal ini bisa berakibat buruk di mana si kecil akan terbiasa dengan jam tidur yang tidak tepat dan kemungkinan susah tidur pun menjadi semakin besar.

4.  Tidur Terlalu Lama di Siang Hari

Tidur siang yang terlalu lama juga bisa menjadi penyebab susah tidur pada anak-anak. Hal ini bahkan menjadi salah satu penyebab yang paling sering dan paling umum terjadi. Terutama jika tidur siangnya dilakukan di jam 3 sore atau lebih.

Kebiasaan tidur siang di jam 3 sore dan lebih, serta terlalu lama, akan menyebabkan si kecil susah tidur di malam hari. Hal ini juga tidak boleh dijadikan sebagai kebiasaan agar anak-anak tidak terbiasa tidur terlalu lama di siang hari.

5.  Faktor Psikologis

Perlu Anda ketahui, bahwa anak-anak juga bisa stres layaknya orang dewasa. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan anak-anak mengalami stres. Salah satu faktornya yaitu karena kegiatan sekolah yang terlalu padat, tugas sekolah yang terlalu banyak, hingga stres akibat lingkungan main atau sekolahnya.

Hal ini juga bisa mengakibatkan si kecil susah tidur atau bahkan kualitas tidurnya akan menjadi berkurang. Hal ini diakibatkan karena psikologis si kecil terganggu.

Itulah beberapa penyebab anak susah tidur yang perlu diperhatikan oleh setiap orang tua. Bagi Anda yang ingin tahu informasi lebih lengkap seputar dunia parenting dan kesehatan anak, kini Anda bisa langsung mengakses situs Nutricia Professional.