Anak Berbohong? Simak Tips Melatih Anak Agar Berkata Jujur Berikut

Sebagai orantua, tentu Anda tidak ingin bila anak Anda tumbuh menjadi seorang pembohong. Khawatirnya hal ini akan terus dibawa sampai ia dewasa yang nantinya akan menyulitkannya dalam kehidupan. Nah, tentunya sekarang Anda tidak ingin anak berbohong. Tapi untuk menghentikannya, kita juga tidak harus melakukan hukuman berat. Anda bisa melakukan kiat-kiat berikut ini agar si kecil punya kebiasaan untuk berkata jujur. 

Kenali Dulu Dampak Berbohong Pada Anak 

Orangtua kadang melakukan white lies agar si kecil menuruti perkataan mereka. Selain itu, orangtua juga melakukan ini supaya si kecil tidak marah dan tantrum. Padahal sebenarnya hal ini salah meskipun tujuan Anda adalah demi kebaikan. Berbohong tetaplah berbohong dan anak Anda pasti akan menirunya. Yang lebih buruk lagi si kecil akan membawa kebiasaan ini sampai dewasa. 

Yang perlu ditekankan sebagai orangtua dan orang dewasa adalah Anak kecil akan selalu meniru apa yang dilakukan oleh orang di sekitarnya karena hal ini dia anggap normal. Ketika Anda dan orang di sekitar Anda terbiasa berbohong kepadanya, tentu saja si kecil akan menirunya karena ia menganggap hal ini lumrah untuk beberapa alasan seperti mengatasi masalah atau menghindarinya. Karena itu, cara terbaik untuk membiasakan si kecil berkata jujur adalah dengan menjadi contoh di dalam keluarga. 

Tekankan Pentingnya Berkata Jujur 

Anda bisa mengajak si kecil berbicara tentang pentingnya berkata jujur. Pastikan Anda memberikan sebuah contoh pada si kecil tentang bagaimana perasaan seseorang bila ia berbohong. Misalnya Anda memberikan contoh padanya, Anda berbohong pada si kecil karena suatu hal. Tanyakan padanya, bagaimana perasaannya mengetahui orangtuanya berbohong. Selain itu, tekankan juga sisi baik berbuat jujur itu apa. Anda bisa belajar bersama misalnya dari sebuah video, film dsb yang menekankan sisi baik berkata jujur. 

Jadilah Contoh Bagi Mereka

Tidak ada yang lebih manjur selain menjadi contoh bagi si kecil. Anda wajib melakukan ini kalau ingin anak Anda tumbuh menjadi pribadi yang jujur dan punya integritas yang tinggi. Meskipun ini bersifat white lies, sebaiknya dihindari. 

Ingat, Berkata Jujur Mengajarkan Anak Belajar Menerima 

Seringkali orangtua berbohong supaya si kecil tidak marah. Padahal hal ini kurang baik. Anak sejatinya harus diajarkan bahwa tidak semua hal di dunia ini berjalan sesuai dengan keinginannya. Karena itu belajar jujur juga akan mengajarkannya untuk belajar menerima keadaan. Anda bisa mengajarkan nilai-nilai lain kenapa sebuah kejujuran itu bisa membuat hidupnya lebih bahagia dan bersyukur. 

Bedakan Alasan Kenapa Anak Berbohong

Yang pasti, anak memiliki sejumlah alasan kenapa ia berbohong. Beberapa alasan anak berbohong bisa karena:

  • Fantasi – Anak kerap bercerita sesuatu yang dibumbui dengan fantasi. Misalnya ketika Anak berkata “Aku tadi dipukul sama dia waktu bermain, terus kepalaku berdarah sampai kena baju dan celana.” Kemudian Anda memeriksa kepalanya ternyata tidak terjadi apa-apa. Anda pasti sudah tahu kalau ia berbohong dan ia hanya menambah bumbu cerita. Hal ini bisa Anda tanyakan padanya, “Kok bajunya Mama lihat bersih? Pasti Kakak sedang berkhayal ya?”. Dengan cara ini ia akan belajar membedakan antara kenyataan dan fantasi. 
  • Pamer – Beberapa anak berbohong hanya untuk pamer. Ini dikarenakan si kecil memiliki self-esteem yang rendah dan ia ingin mendapatkan perhatian. Meski demikian, Anda harus memberitahu kalau sifat ini tidaklah baik. Tekankan kalau suatu saat teman-temannya bisa menanyakan kebenaran ceritanya dan ia mungkin akan merasa malu ketika temannya mendapati kalau ia berbohong. 

Masih banyak alasan lain kenapa si kecil berbohong, misalnya karena tidak ingin dimarahi, menghindari tanggung jawab, atau bahkan ADHD. 

Yang pasti mencegah perbuatan berbohong tidak bisa instan. Semua harus dilakukan pelan-pelan dan orangtua serta orang di sekitarnya berperan aktif. 

Halodoc adalah platform kesehatan yang menawarkan berbagai fitur untuk mengakses kesehatan dengan mudah. Anda bisa membuat janji dengan dokter, menukar resep dokter hingga konsultasi psikologi untuk kesehatan mental Anak Anda. Pakai sekarang