6 Tips Merawat Mobil Saat Pandemi Agar Performa Tetap Maksimal!

Di masa pandemi ini, masyarakat dituntut untuk tetap berada di rumah saja. Kegiatan belajar, dan bekerja pun dilakukan dari rumah. Kondisi seperti ini pastinya membuat kegiatan di luar rumah jadi lebih terbatas. Penggunaan kendaraan pribadi, salah satunya mobil pun semakin berkurang. Kalau hanya di simpan di garasi, resiko rusak pada mobil bisa saja terjadi. Karena walaupun jarang atau bahkan tidak pernah kita gunakan, kendaraan roda empat tersebut juga tetap membutuhkan perawatan. Jika bingung bagaimana cara merawat mobil di tengah pandemi seperti ini, kamu bisa simak cara berikut ini!


1. Perhatikan Posisi Pada Wiper

Sumber: pinterest.com

Kalau mobil kamu diparkir di tempat terbuka, ada baiknya angkat wiper. Karena, saat cuaca lagi terik-teriknya atau temperatur begitu tinggi, wiper mobil yang menempel di kaca akan mudah rusak. Kalau mobil kamu di simpan di tempat yang dingin, metode seperti ini tidak perlu kamu lakukan. 


2. Rutin Memanaskan Mobil dan Menyalakan AC 

Sumber: pinterest.com

Pengendapan cairan oli transmisi, oli mesin, dan cairan pendingin dapat terjadi kalau mobil tidak dipakai. Bukan cuma itu, bahan bakarnya juga dapat menguap kalau didiamkan dalam jangka waktu yang lama. Untuk menghindari hal tersebut, maka kamu perlu memanaskan mesin mobil. Kamu cukup memanaskan mobil minimal 3 kali dalam seminggu. Saat memanaskan mobil, jangan lupa untuk menyalakan AC kendaraan. Cara ini supaya terjadi sirkulasi oli mobil pada sistem udara dan AC di dalam kabin. Dengan begitu, fungsi kerja pada AC akan tetap stabil.


3. Tarik Tuas Rem Tangan

Sumber: pinterest.com

Untuk keamanan, ada baiknya tarik rem tangan mobil kamu, walaupun mobil kamu berada di posisi datar. Metode seperti ini bertujuan agar brake pad, brake disc, dan brake shoe tidak macet. Kalau kendaraan kamu termasuk mobil matic, di sarankan untuk memposisikan knob persneling dalam posisi ‘P’ supaya mobil tidak gampang bergeser. 


4. Tambahkan Tekanan Angin Pada Ban

Sumber: pinterest.com

Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan untuk merawat mobil di masa pandemi ini adalah dengan menambahkan tekanan angin ban. Tujuannya, agar ban mobil tidak mengalami kerusakan sebab tekanan yang gak merata. 


5. Bersihkan Mobil

Sumber: pinterest.com

Meski kamu tidak pergi kemana-mana, kebersihan mobil tetaplah harus dijaga. Bukan hanya bagian luar nya saja, bagian dalam mobilnya juga perlu dibersihkan. Dengan begitu, kebersihan mobil tetap terjaga dengan baik. Cuci lah kendaraan minimal sekali seminggu. Kalau kamu menggunakan mobil selama pandemi, ada baiknya semprotkan desinfektan agar terhindar dari Covid-19.


6. Letakkan Mobil di Tempat yang Aman dan Nyaman

Sumber: pinterest.com

Parkirkan posisi mobil di tempat yang nyaman dan aman bagi kendaraan kesayangan kamu. Garasi adalah tempat terbaik untuk parkir. Tapi, kalau kamu tidak mempunyai tempat garasi. Disarankan untuk menyimpan mobil di tempat yang teduh, jauhkan dari sinar matahari agar cat mobil tidak cepat memudar. Kamu bisa menempatkannya di bawah pohon atau di tempat mana saja yang menurut kamu teduh, aman, dan pastinya gak jauh dari rumah kamu. 

Demikian cara-cara merawat mobil di tengah pandemi yang telah kita simak sama-sama. Dengan kamu merawat mobil dengan benar dan rutin, pastinya akan membuat performa pada mobil tetap optimal serta stabil. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca semuanya.