9 Tips Merawat Konektor Charger Hp agar Tidak Mudah Rusak

fokusjabar.co.id

Konektor charger adalah penghubung antara smartphone dengan perangkat lainnya, yang berfungsi untuk memberikan aliran listrik sehingga smartphone dapat tersambung.

Salah satu contoh dari konektor charger smartphone adalah kabel USB atau disebut juga dengan kabel data. Selain untuk mencharger smartphone, kabel USB berfungsi juga untuk mentransfer file dokumen, foto dan video dari smartphone ke laptop/komputer. Banyak sekali jenis-jenis kabel USB seperti, mikro USB, kabel printer, USB OTG, USB standart dan mini USB.

Selain itu banyak juga yang mengeluhkan, kenapa kabel USB cepat rusak? Kira-kira sudah berapa sering kamu mengganti kabel USB karena rusak terus? Sebenarnya banyak sekali faktor yang mempengaruhi usia kabel USB. Dan berikut ini beberapa tips untuk merawat kabel USB agar awet dan tidak gampang rusak.

  1. Jangan Menggulung Kabel USB

liputan6.com

Menggulung/menekuk kabel USB sembarangan ternyata membuat kabel USB cepat rusak, loh. Pembengkokan USB yang terlalu parah membuat lapisan luar kabel terkelupas, sehingga bagian dalam kabel terlihat. Jadi, cobalah dari sekarang untuk membuat kabelĀ  tidak terlalu menekuk.

2. Menggunakan Klip Kabel

shopee.co.id

Klip kabel atau disebut sebagai pengikat kabel, ternyata bukan hanya sekedar bagian dari pengemasan saja. Pengikat kabel juga berfungsi untuk menghindari dari sudut-sudut runcing dengan cara mengikat kabel USB kamu.

2. Jangan Gunakan Saat Sedang Charger

wardun.com

Bermain smartphone saat sedang mencharger sebenarnya tidak membuat baterainya rusak melainkan akan lebih melukai ke kabel. Selain berbahaya karena dapat menimbulkan hal yang merugikan dan tidak diinginkan, bermain sambil mencharger menyebabkan pengisian hp menjadi tidak maksimal.

3. Menggunakan Adapter Magnetik

youtube.com

Salah satu produk yang menggunakan teknologi ini adalah brand Apple. Fungsi sistem ini sendiri yaitu mudah disambung dan dilepas serta membuat pengisian baterai lebih cepat terisi, sehingga mengurangi resiko rusaknya kabel USB.

4. Simpan di Tempat yang Aman

shopee.co.id

Simpan kabel USB di tempat yang terhindar dari dingin atau pun panas, karena suhu yang ekstrim membuat serat-serat di pelapis pada kabel keluar. Selain itu, hindari juga kabel charger dari hewan peliharaan seperti, kucing atau anjing. Karena biasanya akan menjadi incaran mainan pada binatang tersebut.

5. Jangan Mengikat Kabel Pada Sebuah Objek

hipwee.com

Banyak orang yang mengikat kabel USB dengan erat pada sebuah objek seperti, power bank. Dengan mengikat kabel seperti itu akan menyebabkan adanya tekukan dan melukai kabel dalam. Cara ideal agar kabel awet adalah mengikat kabel USB menggunakan coil wrapping.

6. Membeli Kabel yang Lebih Panjang

shopee.co.id

Dengan menggunakan kabel yang lebih panjang membuat kegiatanmu terasa lebih leluasa, serta menghindari penarikan kabel atau penekukan kabel secara tajam. Walaupun akan membuatmu mengeluarkan kocek yang lebih besar tapi lebih baik dari pada harus menggonta ganti kabel charger.

7. Pasang Pelindung Tambahan

shopee.co.id

Saat ini sudah banyak alat tambahan pelindung kabel yang dijual di pasaran. Alat tersebut sangat berguna untuk menambah umur kabel USB mu agar lebih tahan lama. Dengan cara meletakkan alat pelindung tersebut ke persendian kabel sehingga membuat kabel tersebut kuat dan tidak mudah tertekuk.

8. Jangan Membeli Kabel Murah

shopee.co.id

Ada alasan kenapa kabel USB kamu sering mudah rusak, pertama kabel tersebut tidak diproduksi dengan proses yang detail dan kedua lapisan luar kabel yang tipis serta kabel berkualitas rendah. Nah, jika kabel usb milikmu memang rusak dan tidak terpakai, sebaiknya kamu membeli yang baru. Untuk mengetahui harga kabel USB terbaru, kamu bisa melihatnya melalui toko online atau offline.

Begitulah tips sederhana untuk merawat kabel usb agar tetap awet yang bisa kamu coba sehari-hari. Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga memberikan informasi yang bermanfaat.