Makan adalah kebutuhan yang sangat pokok bagi manusia.  Tujuan dari mengkonsumsi makanan adalah supaya tubuh menjadi sehat. Namun ada juga makanan yang pada akhirnya malah membuat tubuh menjadi bermasalah.  Hal ini terjadi saat hormon dalam tubuh tidak bisa menyeimbangkan dengan makanan. Salah satunya adalah makanan yang dapat menyebabkan kulit wajah bermasalah. 

Pernahkah anda tiba tiba berjerawat? Salah satu penyebabnya bisa jadi adalah anda salah makan. Ada beberapa makanan yang justru dapat memicu jerawat batu tubuh di kulit wajah.  Berbagai cara mengobati jerawat batu dilakukan, tapi makanan pemicu jerawat tidak bisa dihindari maka itu akan terus menyebabkan jerawat batu bermunculan.  Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat memicu timbulnya jerawat batu, di antaranya yaitu :

1. Makanan tinggi minyak

Makanan yang tinggi kandungan minyaknya seperti gorengan itu memang lezat sekali dikonsumsi.  Namun selain mengandung lemak dan kolesterol ternyata makanan yang tinggi kandungan minyaknya itu juga dapat memicu tumbuhnya jerawat batu.  Jika dalam keseharian anda banyak mengkonsumsi gorengan, atau bahkan olahan masakan yang banyak mengandung minyak maka jerawat akan tumbuh dengan mudah. 

Begitu pun dengan jerawat yang sudah ada akan sulit untuk hilang kembali. Sebisa mungkin ganti minyak dengan margarin jika wajah anda sedang dalam kondisi jerawatan. 

2. Kacang tanah

Menginsumsi kacang kacangan memang baik untuk serat dalam tubuh.  Dan kacang yang lezat untuk dikonsumsi adalah kacang tanah. Kacang tanah juga bisa dibuat menjadi berbagai olahan.  Dari mulai dibikin cemilan sampai dijadikan saus kacang.

Namun jika terlalu banyak mengkonsumsi kacang tanah bagi orang yang memiliki riwayat jerawat membandel itu akan menjadikan jerawat semakin menjadi.  Maka sebaiknya hindari makanan yang mengandung banyak kacang tanah juga. Sebab kacang tanah ada kandungan zat nya yang dapat memicu inflamasi pada jerawat semakin menjadi. 

Itulah beberapa makanan yang dapat memicu jerawat batu.  Maka disamping mencari cara mengobati jerawat batuakan tetapi anda juga harus menghindari makanan yang dapat memicu jerawat batu.