Mungkin untuk seorang wanita, jerawat adalah masalah besar yang sulit untuk dihilangkan. Wanita yang tidak bisa lepas dari pemakaian makeup, jerawat di wajah semakin sulit dihilangkan. Wajah yang berjerawat dan tidak bisa berhenti menggunakan makeup, sulit juga untuk memiliki wajah yang mulus dari jerawat. Jika ingin benar-benar hilang, Anda perlu melakukan perawatan wajah berjerawat dengan cara dan rangkaian produk yang tepat.

Berikut ini beberapa kosmetik yang wajib dihindari bagi Anda yang memiliki jerawat atau yang sedang melakukan perawatan wajah berjerawat di rumah:

1. Bedak padat

Salah satu kelebihan menggunakan bedak padat, yaitu kulit wajah bisa tertutup dan terlihat sempurna. Bedak padat memiliki tekstur rapat, halus, dan padat, sehingga hasil polesannya mampu menutupi bentuk muka hingga kekurangan di wajah pun bisa hilang.

Namun saat Anda berjerawat, sebaiknya bedak padat ini tidak digunakan. Kenapa? Karena bisa jadi menyumbat pori-pori kulit wajah Anda. Bukan malah sembuh, tetapi jerawat di wajah Anda akan semakin meradang.

Jika tetap ingin menggunakan bedak, maka pilih bedak yang mengandung asam salisilat atau sulfur. Manfaatnya bisa mambantu mencegah timbulnya jerawat baru di wajah.

2. Pemutih wajah

Pemutih wajah di kalangan wanita sudah tidak asing lagi, bukan? Tetapi saat Anda mengalami wajah yang berjerawat, sebaiknya pemutih wajah ini tidak Anda gunakan. Karena bisa saja menimbulkan peradangan kulit di wajah Anda.

Jika kulit sensitif Anda yang berjerawat, terus dipaksakan menggunakan pemutih, dikhawatirkan jerawat akan semakin banyak dan beranak. Selebihnya, Anda perlu lebih cermat dan waspada terhadap produk kosmetik yang beredar di pasaran tanpa merk dan tanpa adanya izin edar dari pemerintah.

3. Pelembab mengandung alkohol

Biasanya jenis  pelembab yang mengandung alkohol, ketika diterapkan ke wajah, rasanya dingin dan segar. Tetapi pelembab seperti itu sangat tidak baik untuk kesehatan kulit wajah terutama yang berjerawat. Bisa jadi, jerawat akan semakin parah dan terus bertambah. Selain yang mengandung alkohol, Anda juga perlu menghindari penggunaan pelembab yang mengandung wewangian yang menyengat.