Dulu, untuk memperoleh informasi tentang satu kejadian masyarakat harus menunggu beberapa saat untuk mengetahui kejadian yang sebenarnya. Dan itu didapatkan melalui surat kabar. Sekarang, hanya dalam hitungan detik orang akan mengetahui peristiwa yang terjadi meski berada di luar kota atau negeri sekalipun. Dan itu semua berkat kemajuan teknologi yang terus mengalami perkembangan dari hari ke hari.

Sudah bukan rahasia lagi jika manusia tidak pernah puas dengan keadaan yang cenderung stabil. Sehingga, mereka pun berupaya menciptakan sesuatu yang baru atau justru menambah nilai plus dari produk terdahulu. Sebut saja smartphone dimana bentuk awal atau aplikasi yang dipakai tidak jauh berbeda dari model lama walau ada beberapa fasilitas yang ditambahkan.

Tentu saja, kondisi ini sesuai dengan pengertian teknologi itu sendiri yaitu bentuk proses yang dilakukan secara berulang ulang untuk meningkatkan nilai tambah. Biasanya, proses yang dilakukan akan memberi hasil baru namun tidak berbeda dengan produk terdahulu.

Meski demikian, teknologi tidak hanya berkutat di pola yang seperti itu karena pada dasarnya ilmu itu akan terus berkembang. Dunia sendiri mengakui bahkan memberi tempat bagi siapa saja yang hendak mengembangkan ilmu guna memberi manfaat bagi manusia. Salah satunya dengan menyelenggarakan pameran teknologi yang diadakan setahun sekali di satu Negara tertentu misalnya.

Di ajang pameran ini akan ditunjukkan hasil karya terbaik yang berbasis teknologi. Biasanya, smartphone atau komputer kerap mendapat perhatian lebih dibandingkan dengan beberapa penemuan lainnya. Walau, ada juga beberapa produk yang berhasil mencuri perhatian seperti AI misalnya yang kini sudah mulai mendapat tempat terutama bagi para pebisnis.

Ya, teknologi AI ini diharapkan dapat mengurangi peran manusia yang sebenarnya memang bisa didelegasikan. Teknologi ini tidak hanya menyasar ke industry elektronik saja akan tetapi sudah menyentuh industri perhotelan, rumah sakit maupun jasa lainnya.

Pertanyaannya adalah apakah kita sudah siap menerima perubahan itu? Karena mau tidak mau kemajuan teknologi akan menyentuh kehidupan pribadi secara perlahan. Yang bila tidak disikapi dengan bijak justru menimbulkan hal yang tidak baik.