Seiring dengan bertambahnya usia manusia akan mengalami proses penuaan. Penuaan dalam tubuh manusia akan terlihat dari bentuk fisik yang dimilikinya, seiring dengan bertambahnya usia rambut manusia akan semakin menipis dan beruban, kulit tubuh menjadi mengkirut. Selain perubahan fisik yang berubah namun penuaan akan terjadi di otak yang dapat mempengaruhi kecerdasan kognitif manusia.

Semakin tua seseorang akan membuat kecerdasan pikiran semakin berkurang dan melemah. Bahkan ada yang menyebutnya dengan pikun. Walaupun demikian tidak masalah jika sejak dini sudah dibiasakan untuk menjaga kesehatan tubuh demi menjaga kelangsungan di masa tua.

Seorang peneliti dari New York University Langone Medical Centre memberikan sejumlah fakta terkait dengan masalah penuaan yang mengakibatkan menurunya fungsi pola pikir kognitif. Kekurangan asupan karbohidrat dapat mempengaruhi sekelompok gen yang berdampak di otak. Bahkan seorang dokter spesialis Dr. Stephen Ginsberg juga mengatakan jika membatasi asupan kalori akan membuat penuaan dalam otak karena ekspresi gen akan terhenti. Mengingat betapa pentingnya menjaga kesehatan tubuh di masa tua,

bisa diminimalisir dengan melakukan pola hidup yang sehat dengan mulai mengkonsumsii makanan sayur sayuran serta buah buahan yang cenderung mengurangi asupan karbohodrat serta mengurangi resiko yang bisa mengancam kesehatan tubuh anda misalnya seperti stroke, serangan jantung maupun hipertensi dan diabetes. Hal ini bukan berarti anda harus menghindari untuk mengkonsumsi karbohodrat terlalu berlebihan. Kekuarangan karbohidrat tentu tidak baik karena akan membuat area memori bagian otak akan mengalami perubahan genetik. Sehingga tetap mengkonsumsi karbihidrat dengan jumlah yang seimbang.

Pentingnya menjaga kesehatan tubuh bisa dimulai sejak dini. Biasakan untuk terus menjaga agar tubuh dalam keadaan sehat dan menerapkan gaya hidup sehat. Mengkonsumsi asupan makanan sehat yang berimbang dan tidak secara ekstrim dalam mengurangi asupan karbohidrat. Jika anda ingin melakukan diet dengan rendah kaloru memang diperbolehkan hanya saja anda harus tetap berkonsultasi dengan dokter. Sehingga anda akan mengetahui tips tips sehat yang dokter sarankan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan diet tidak menjadi masalah untuk anda.