Salah satu nikmat Tuhan yang perlu kita jaga yaitu kesehatan tubuh. Tubuh yang sehat merupakan modal untuk melakukan berbagai aktivitas dan kegiatan sehari-hari, baik yang berhubungan dengan aktivitas dunia ataupun dengan kehidupan setelah dunia yaitu akhirat. Dengan tubuh yang sehat kita dapat melakukan aktivitas dengan lancar dan hasil yang sesuai dengan harapan. Tubuh yang sehat merupakan dambaan semua orang tak terkecuali Anda bukan? Kesehatan merupakan harta yang berharga karena kesehatan mahal harganya.

Mulai dari sekarang mari lakukan hidup sehat dengan melakukan hal-hal yang dapat menjaga kesehatan tubuh kita. Tips jaga kesehatan tubuh kita bisa dengan cara modern ataupun dengan cara alami. Anda juga bisa melakukan hal-hal kecil yang mudah tetapi akan berpengaruh penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa cara untuk menjaga kesehatan tubuh:

1. Penuhi makanan yang berserat

Tubuh membutuhkan makanan yang mengandung serat untuk menjaga tubuh dari serangan bakteri, serat juga berfungsi untuk merangsang kelancaran pengeluaran kotoran dari dalam tubuh kita melalui aktivitas saluran usus. Kotoran dalam tubuh kita akan mudah dikeluarkan jika kebutuhan serat terpenuhi. Jika kotoran dalam tubuh susah dikeluarkan akibat kurang serat, maka kotoran di dalam tubuh dapat menumpuk sehingga dapat menjadi racun dalam tubuh serta menyebabkan penyakit.

2. Sarapan Yang Rutin

Sarapan sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Telah disepakati oleh beberapa ahli bahwa sarapan yang paling baik yaitu sarapan sebelum jam 9 pagi. Sarapan sangat penting karena pada pagi hari kondisi perut kita kosong karena telah diproses saat kita istirahat di malam hari yaitu sekitar 7 sampai 8 jam.

3. Mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna

Kemudian tips jaga kesehatan yang benar adalah dengan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Penuhilah hak tubuh untuk mendapatkan makanan 4 sehat 5 sempurna. Makanan 4 sehat 5 sempurna meliputi nasi, lauk, sayur, buah dan susu. Nasi merupakan makanan pokok sebagai sumber karbohidrat, lauk sebagai sumber protein, sayuran sebagi sumber mineral dan buah sebagai sumber vitamin. Susu sebagi penyempurna untuk kebutuhan untuk meningkatkan energi dan memenuhi kebutuhan tulang kita.