Cincin pertunangan sering dianggap sebagai simbol komitmen awal sebelum melangkah ke jenjang pernikahan. Beberapa engagement ring largest Indonesia bahkan juga menjadi simbol prestise bagi pemakainya. Lantas sebenarnya apa sih, tujuan pemberian cincin tunangan pada calon pengantin?

Yang jelas, sebagai simbol keterikatan. Pasangan yang mengenakan cincin tunangan berarti menggambarkan secara umum bahwa mereka telah terikat satu sama lain dan siap menuju jenjang berikutnya yaitu pernikahan. Tidak masalah apakah cincin itu engagement ring largest Indonesia atau cincin berlian biasa, simbol ‘terikat’ tersebut akan terlihat jelas.

Image result for site:https://www.frankncojewellery.com/engagement-ring


Selain itu, cincin tunangan juga menjadi hadiah bagi si wanita. Namun berbeda dengan cincin kawin yang akan menjadi miliknya seumur hidup, cincin tunangan dapat dikembalikan jika keduanya lantas putus dan tidak melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan. Namun ada juga beberapa yang tidak mengembalikan cincin tunangan mereka kepada mantannya. Hal ini tergantung pada adat dan budaya yang dianut.

Selain cincin itu sendiri, jari yang menjadi tempat penyematan cincin juga ternyata memiliki arti simbolis. Kebanyakan orang memilih jari manis kiri untuk cincin tunangan, karena disana terdapat pembuluh darah vena amoris yang terhubung langsung dengan jantung. Sebagai simbol cinta yang menguat, maka cincin pun disematkan di jari manis kiri. Diharapkan bahwa hubungan manis di antara kedua pasangan akan terus berlanjut hingga ke jenjang pernikahan.

Dari segi bahan, kebanyakan orang memilih emas bertahtakan berlian atau platinum dan berlian sebagai cincin tunangan. Bentuknya pun lebih bervariasi dibandingkan dengan cincin kawin. Misalnya round cut, emerald, maupun square. Tidak ada makna khusus, namun lebih pada selera masing-masing pasangan. Platinum pun dipilih karena lebih aman dari resiko alergi.

Selain cincin, kesamaan visi dan misi serta kepercayaan dan tekad untuk tetap bersama adalah hal yang lebih penting. Bukankah hubungan antara dua insan akan tetap terjalin jika ada keinginan dari kedua belah pihak?

Jadi walaupun cincin tunangan Anda bukanlah engagement ring largest Indonesia, bukan  berarti makna dan simbolnya lantas lebih kecil. Besarnya cinta dan komitmen Anda berdua jauh lebih penting daripada sebuah cincin.