Kulit kusam membuat wajah menjadi terlihat kurang segar dan merona. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya, mulai dari faktor kebersihan diri, lingkungan, dan kesehatan tubuh. Biasanya kulit kusam ditandai dengan kulit wajah kering dan tidak berkilau layaknya kulit yang sehat.

Berbagai cara bisa saja dilakukan untuk mengatasi kulit kusam ini, diantaranya menggunakan produk skin care, seperti sleanser, masker, dan moisturizer. Atau bisa juga mencoba cara merawat wajah dengan alami tanpa menggunakan produk-produk kecantikan lainnya.

Untuk bisa mencegah kulit kusam, Anda perlu tahu beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. Di antaranya sebagai berikut:

1. Penumpukan sel kulit mati

Untuk menjaga kondisi dirinya, sel kulit pada wajah sering melakukan regenerasi setiap waktu tanpa adanya ketentuan khusus. Misalnya untuk orang dewasa, proses regenerasi ini biasa terjadi setiap 28 hari sekali. Sebelum pada siklus perubahan sel kulit baru, sel kulit yang mati terkumpul pada permukaan kulit dan kulit wajah menjadi kusam.

2. Paparan polusi udara

Seseorang yang mengalami kondisi kulit kusam, biasanya mereka yang selalu beraktivitas di luar ruangan. Yang menjadi penyebab kulit kusam tersebut, yaitu wajah terkena paparan sinar matahari langsung maupun polusi udara dan debu. Alhasil, kelembaban kulit wajah menjadi berubah, sehingga terlihat kering dan kasar.

3. Stres

Bukan saja dikarenakan faktor dari luar, kulit kusam juga bisa diakibatkan oleh kondisi dari dalam tubuh, seperti stres. Seseorang yang mengalami stres, hormon kortisol dalam tubuh akan meningkat secara signifikan dan aliran darah pun menjadi lebih kencang. Tetapi peredaran darah ini tidak sampai pada area wajah, hanya di sekitar organ vital saja. Inilah yang menjadi penyebab kulit wajah terlihat kusam.

4. Makanan yang mengandung lemak jahat

Mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak atau lemak jahat, bisa juga menjadi faktor penyebab kulit wajah menjadi kusam.

Itulah beberapa faktor yang menjadi penyebab kulit wajah menjadi kusam, kering dan kasar. Dengan mengetahui penyebab-penyebab ini, dimungkinkan Anda bisa mencegahnya lebih awal. Jika sudah terlanjur, maka perlu dilakukan pengobatan yang sifatnya aman, yaitu mencoba cara merawat wajah dengan alami tanpa obat-obatan dan produk-produk kecantikan lainnya.