Jas sudah menjadi setelan pria yang wajib dipakai dalam acara ke pesta, kerja, ataupun sehari-hari. Para pria akan terlihat sangat modis dan keren. Tapi tak hanya untuk  pria saja wanita pun juga banyak menggunakan jas atau pun blazer, terutama  wanita karir. Pengguna jas juga sering dipakai untuk menemui orang penting, walaupun masih kalah pamornya dengan dres atau gaun.

Jas yang bagus dengan model yang tepat akan membuat anda terlihat keren atau berwibawa. Mungkin anda berpikir semua jas itu sama saja , yang penting bahannya kaku, berkancing dan berkerah. Padahal banyak macam-macam jenis jas pria. Berikut ini 5 rekomendasi jas pria yang cocok dan pas untuk dijadikan pilihan.

  1. Zoot suit

Zoot suit merupakan jas pria paling unik, karena ukurannya , jas ini lebih mirip mantel atau blazer pria dibanding jas pada umumnya. Untuk jas jenis Zoot suit, anda bisa lihat sendiri ukurannya yang sangat besar jika di banding jas biasanya. Ciri khas dari jas ini adalah kerah dan bahunya yang sangat lebar, Zoot suit juga menggunakan padding. Gaya berpakaian untuk Zoot suit sangat populer di negara negara latin seperti, Amerika, Afrika, Italia, dan Filipina pada tahun 1940.2.

2.Suit Jacket Buttons

Nah yang pertama kami bahas adalah kancing jas. Ada pembagian macam jas yang ditentukan dari banyaknya kancing pada setiap jas. Jumlah kancing yang paling umum adalah satu, dua, atau tiga. Kancing pada model ini pasti berada di bagian perut, rata-rata pria memilih jas dengan 2 kancing, kenapa ? dikarenakan lebih fleksibel dan cocok dipakai kemana saja.

  • Jas dengan 1 kancing

Pada umumnya jas ini digunakan sebagai tuxedo. Jas ini sangat cocok dengan tubuh ramping , cocoknya di padukan dengan dasi panjang, tapi juga bisa dengan dasi kupu-kupu. Kancing satu ini memiliki multifungsi karena cocok untuk dipakai kemana saja.

  • Jas dengan 2 kancing

Satu penampilan paling lama dalam model lelaki, gaya ini sangat terlihat bagus disemua bentuk tubuh, karena blazer ini membuat hampir semua frame pria terlihat lebih panjang, setelan jas ini sangat cocok untuk acara bisni dan sosial.

  • Jas dengan 3 kancing

Blazer seperti ini biasanya dipakai untuk acara-acara formal. Bukan hanya untuk pria , jas ini umum dikenakan untuk wanita, untuk memakai jas ini adalah, kancing yang pertama dan tengah harus dikancingkan, tapi selalu kancing yang akhir selalu dibuka.

3. Tuxedo

Mungkin anda sering mendengar jas Tuxedo di sebuah film atau novel. Tuxedo adalah salah satu jas yang paling terkenal, Tuxedo juga merupakan jas yang sangat formal. Maka jas seperti tuxedo sangat sering digunakan pada acara adat istiadat dan acara yang ada upacaranya. Selain itu Tuxedo pada umumnya juga sering dipakai artis atau pejabat – pejabat ketika mendatangi  event penting televisi.

4. Single Breasted

Single Breasted adalah mantel, jaket, rompi, blazer pria ataupun jas yang sering digunakan oleh para pria untuk acara formal. Jas Pria jenis single Breasted ini memiliki kolom kancing yang tumpang tindih. Jas ini biasanya punya dua lubang atau tiga, tapi ada juga yang memiliki empat lubang kancing. Semenjak tahun 1930-an hingga kini, Single Breasted sangat digemari banyak orang. Jas ini di produksi semakin banyak dan menjadi semakin populer pada tahun 2000an.

5. Double Breasted

          Untuk jas jenis ini memiliki kancing yang saling tumpang tindih dan punya dua kolom kancing yang simetrikal disebut dengan Double Breasted. Jas jenis Double Breasted memiliki overlap tau jarak antar kancing tumpang tindih yang luas. Double Breasted kini hanya memiliki sederet kancing dan satu deret lainya adalah kancing dekoratif saja. Untuk mengencangkan atau mengunci kancing biasanya jas ini punya kancing dalam yang bernama jigger atau anchor