Indonesia adalah negara yang memiliki banyak sekali jenis permainan tradisional yang banyak sekali disukai oleh anak – anak. Beberapa diantaranya adalah termasuk ke dalam jenis permainan olahraga tradisional seperti gobak sodor. Permainan ini memiliki banyak sekali keunggulan dan manfaat bagi si kecil dibandingkan dengan permainan lainnya. Dengan demikian, pemerintah pun kemudian memasukan permainan ini ke dalam jenis permainan yang mengandung unsur olahraga yang bermanfaat untuk kesehatan dan juga ketangkasan si kecil serta baik untuk tumbuh kembang mereka.

Permainan olahraga olahraga memiliki cara dan peraturan yang terbilang sangat mudah sekali untuk dilakukan. Pertama, anak-anak yang memainkan permainan ini harus ada 3-5 orang dalam satu tim yang terbagi ke dalam 2 tim. Setelah itu membuat garis sebagai benteng pertahanan lawan dan tim yang satunya berusaha untuk lolos hingga garis atau benteng pertahanan musuh yang terakhir. Satu anggota yang berhasil lolos maka tim akan memenangkannya sedangkan jika anggota ditangkap atau disentuh pada saat akan melewati garis atau benteng pertahanan maka dianggap kalah dan harus bertukar posisi antara bertahan dan penyerang. Permainan ini syarat dengan ketangkasan, keputusan yang harus diambil dalam waktu yang cepat dan mengharuskan si kecil bergerak cepat.

Melihat dari berbagai cara permainan ini dimainkan, maka sudah dapat dipastikan jika permainan tradisional ini memiliki banyak sekali keunggulan dibandingkan dengan permainan lainnya.Sehingga pemerintah pun memasukannya ke dalam jenis permainan olahraga tradisional di negara kita. Menilai dari keunggulannya, anak – anak wajib untuk dikenalkan kembali dengan permainan ini karena banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan. Ajaklah si kecil bersama teman-temannya untuk melakukan kembali permainan ini karena selain seru juga memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh mereka.

Selain manfaatnya untuk membentuk otot dan juga kesehatannya, permainan ini pun sangat baik juga untuk mental si kecil. Inilah yang menjadi keunggulan dari permainan yang satu ini bagi setiap anak yang memainkannya. Peraturannya pun tidak rumit dan mengharuskan setiap anak agar saling berkontribusi sehingga daya bersosialisasi si kecil menjadi semakin lebih baik.