Seperti yang kita ketahui bersama, Indonesia tidak hanya kaya akan budaya dan juga tempat – tempat wisatanya yang eksotis. Negara kita juga kaya akan resep kuliner yang khas dan sudah dikenal oleh banyak orang baik di negara kita sendiri maupun di luar negeri.

Pada dasarnya, semua masakan khas Indonesia memiliki ciri khas dalam bumbunya yang kaya akan rempah – rempah alami dan pilihan. Sebenarnya tidak sulit loh untuk menjadi ahli dalam memasak masakan khas nusantara.

Resep kuliner
Resep kuliner

Setidaknya ada beberapa langkah sederhana yang wajib Anda perhatikan seperti berikut pada saat membuatnya.

  1. Seperti yang telah Kami paparkan di atas, masakan khas nusantara memiliki ciri khas yang terletak pada bumbunya yaitu menggunakan rempah – rempah pilihan. Hal ini dapat kita lihat sendiri dari beberapa jenis masakan yang sering kita cicipi seperti opor ayam, gulai daging, soto dan beberapa jenis masakan lainnya yang kaya sekali akan rempah – rempah. Untuk itu, maka Anda harus wajib mengetahui penggunaan rempah – rempah yang cocok untuk tiap – tiap masakan. Beberapa diantaranya seperti lengkuas, kunyit, daun salam, serai, jahe, ketumbar dan lainnya.
  2. Selain bumbu, cara pembuatan masakan pun tergolong berbeda – beda. Ada yang direbus, kukus, goreng, bakar atau perpaduan antara metode – metode tersebut. Sama halnya dengan bumbu yang digunakan, pengolahan masakan pun penting untuk diperhatikan. Hal ini untuk mendapatkan kualitas rasa yang sangat lezat dan juga lezat saat disantap. Begitu juga dengan cara pengolahan bumbu rempah yang perlu Anda perhatikan sebelumnya.
  3. Untuk pemula, pilih resep menu masakan yang mudah dibuat tanpa menggunakan bumbu yang rumit dan juga pengolahan yang sulit. Beberapa jenis masakan khas nusantara yang cocok dibuat oleh pemula diantaranya resep kuliner yang mudah seperti soto, gulai sop ayam dan sebagainya. Setelah Anda menguasainya barulah ke tahapan yang rumit seperti mengolah masakan – masakan khas Padang.

Itulah beberapa tips bermanfaat yang bisa Anda jadikan sebagai poin penting di dalam membuat suatu masakan khas yang lezat dan nikmat.