Kabar baik untuk kamu para pencinta produk Apple! Apple dikabarkan siap meluncurkan produk terbarunya yaitu iPhone 9 pada tahun ini. Informasi bocoran ini sempat membuat Tim Cook, CEO dari Apple, kalang kabut. Namun apa boleh buat, nasi sudah menjadi bubur.

Nah, meski memiliki spesifikasi yang super canggih, iPhone 9 diperkirakan akan dijual dengan harga lebih murah jika dibandingkan dengan iPhone X. Berikut ini kamu rangkum informasi terbaru soal produk yang akan datang, iPhone 9:

Tanggal Rilis iPhone 9

Seperti sebelumnya, Apple umumnya melakukan launching di acara tahunan iPhone pada minggu kedua bulan kesembilan. Itu sebabnya, iPhone 9 diperkirakan akan dirilis pada bulan September 2018. Meski begitu, sampai saat ini belum ada konfirmasi pasti soal tanggal rilis iPhone 9.

Harga iPhone 9

Meski berita soal iPhone 9 diperkirakan lebih murah ketimbang iPhone X, kami tetap yakin kalau kisaran harganya pasti tetap tergolong cukup mahal jika dibandingkan dengan smartphone merek lainnya. Dengan kata lain iPhone 9 tidak mungkin dijual dengan harga murah, tapi lebih affordable untuk produk Apple. Dari informasi yang kami dengar, produk keluaran terbaru Apple ini diperkirakan berkisar sekitar USD 600 – USD 700, atau sekitar IDR 8,760,000 – IDR 10,220,000. Wah, bahkan kemungkinan lebih murah dari iPhone 8, ya! Padahal sebelumnya iPhone 9 diperkirakan akan dijual mulai dari harga USD 700 – USD 800, atau sekitar IDR 8,760,000 – IDR 11,680,000. Yuk, kita tunggu launching iPhone 9 apakah mengikuti prediksi pertama atau kedua.

Sebenarnya, harga dari iPhone terbaru ini masih bisa lebih murah jika Apple tidak menggunakan 3,5 mm headphone adaptor. Tapi ini berarti, kamu tidak perlu lagi membeli fitur 3,5 mm headphone adaptor secara terpisah.

Desain iPhone 9

Saat ini, iPhone 9 sering disebut-sebut sebagai hasil upgrade dari iPhone 8. Padahal jika dilihat dari segi desain, iPhone 9 terlihat hampir identik dengan iPhone X. Namun, yang membedakannya adal pada kamera single lens. Beberapa analisis juga memperkirakan bahwa desain iPhone 9 diselimuti dengan aluminium dan ditunjang dengan layar LCD, dan 0,5 mm bezel. Selain itu, smartphone canggih ini diprediksi memiliki resolusi 320-330 pixel per inchi (ppi) dan RAM sebesar 3 GB. Sementara iPhone XI dikabarkan memiliki 458 ppi atau bahkan lebih.

Nah, yang paling mengejutkan, iPhone 9 kemungkinan besar tidak dilengkapi dengan 3D touch, yang sebelumnya sudah menjadi fitur khas Apple sejak produk iPhone SE, iPhone 6, dan iPhone 6+. Mungkin inilah yang membuat iPhone 9 memiliki harga yang tidak terlalu mahal untuk ukuran Apple.

Meski sekilas  memiliki desain serupa dengan iPhone X, sepertinya iPhone 9 memiliki pinggiran layar smartphone yang lebih tebal. Dengan kata lain, iPhone 9 akan lebih tahan banting jika dibandingkan dengan produk-produk sebelumnya yang mudah pecah. Untuk pilihan warna, Apple diperkirakan akan menyediakan gradiasi yang variatif seperti putih, abu-abu, merah, blue, dan orange.

Wireless Charging

Ini fitur yang paling banyak ditunggu banyak orang. Pada launching iPhone 8, Apple menjelaskan invensi wireless charging-nya. Menurutnya, agar invensi ini dapat terlaksana, Apple terlebih dahulu harus mampu menciptakan produk iPhone yang terbuat dari kaca sehingga memudahkan signal dari charger tembus ke iPhone tersebut.  Nah, kabar baiknya iPhone 9 diperkirakan akan merilis fitur keren ini. Jadi tidak sabar, ya!

Itu dia beberapa informasi bocoran launching iPhone 9 yang tersebar di Internet. Meski begitu, banyak dari penggemar Apple yang berharap Apple kembali dengan fitur home button seperti produk-produk iPhone sebelumnya. Selain itu, kebanyakan orang juga kangen dengan fitur touch ID atau fingerprint. Meski fitur face ID dapat bekerja dengan baik, banyak yang beranggapan bahwa fingerprint terasa lebih sederhana dan mudah digunakan. Bagaimana menurut kamu? Tertarik untuk membelinya di Shopee?