Mau tidak mau kita harus mengikuti perkembangan zaman termasuk teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang sangat pesat. Kemajuan yang pesat ini membuktikan bahwa masyarakat sangat bergantung dengan teknologi ini. tentunya masyarakat memanfaatkan teknologi ini untuk menunjang aktivitas mereka terutama dalam berkomunikasi. Bagaimanapun juga komunikasi sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini ada beberapa jenis teknologi modern yang kita gunakan, diantaranya:

  • Telepon

Telepon merupakan jeis teknologi komunikasi yang berfungsi untuk menerima informasi dalam bentuk suara. Informasi tersebut dikirim melalui sinyal listrik dengan menggunakan jaringan kabel. Namun sekarang berkembang menjadi lebih canggih yaitu dadanya handphone yang fungsinya sama seperti telepon namun tanpa jaringan kabel. Handphone ini lebih bersifat fleksible karena bisa dibawa kemanapun anda pergi.

  • Radio

Radio juga merupakan salah satu alat komunikasi untuk mendapatkan informasi. Namun radio ini menggunakan media gelombang elektromagnetik. Sama halnya dengan telepon, informasi yang dihasilakn dari radio berupa suara.

  • Televisi

televisi merpakan media informasi visual yang memberikan informasi berupa gambar dan suara. Seiring perkembangan zaman televisi mengalami perkembangan dengan yang dulunya televisi berbentuk cembung dan besar, kini televisi lebih tipis dan canggih. Semua partikel dibuat menjadi lebih tipis sehingga lebih ringan ketika dijinjinga. Dulu tv hanya bisa disimpan di meja, namun sekatan tv bisa kita simpan dengan cara ditempel didinding dan lain sebagainya.

  • Faksimile

Faksimile merupakan alat komunikasi yang menyerupai mesin fotocopy. Alat yang satu ini berfungsi mengeirim dan menerima informasi dalam bentuk tulisan. Namun sekarang faksimile hanya digunakan di setiap kantor, perusahaan dan instansi-instansi daerah.

Itulah beberapa jenis teknologi informasi dan komunikasi yang kita gunakan dari sejak dulu hingga sekarang menjadi lebih modern. Terlepas dari itu semua, pilihlah alat komunikasi sesuai dengan kebutuhan anda. hal ini merupakan bentuk bijak kita dalam menggunakan teknologi. Karena bagaimanapun juga teknologi akan membantu kita jika kita menggunakannya dengan baik dan bijak.