Keluarga adalah lingkungan utama dalam pembentukan karakter setiap orang. Sebab melalui keluarga kita belajar segalanya dari awal. Maka sebagai lingkungan yang utama keluarga harus memiliki atmosfer yang baik. Dalam artian lingkungan keluarga harus baik, sehat dan terencana sehingga dapat membentuk karakter anak dengan baik.

Maka dari itu lingkungan keluarga harus dijaga dengan baik. Dalam hal ini terutama kesehatan lingkungan keluarga. Kesehatan dalam lingkungan keluarga ada dua hal, di antaranya adalah :

  • Kesehatan fisik lingkungan keluarga

Kesehatan fisik di sini adalah bagaimana kita menjaga kesehatan lingkungan tempat keluarga kita tinggal. Dalam hal ini adalah mengenai tempat tinggal atau rumah. Keluarga sejatinya harus tinggal di tempat yang bersih dan juga sehat. Jangan sampai keluarga berada dalam lingkungan kotor yang akan menimbulkan aneka penyakit. Sebab dengan kondisi tempat tinggal yang bersih, maka akan memberikan energi yang positif kepada setiap anggota keluarga. Dan juga akan menjadikan lingkungan keluarga menjadi lebih sehat dan terhindar dari sumber penyakit. Maka dari itu pastikan tempat tinggal keluarga anda selalu dalam kondisi yang bersih dan sehat.

  • Kesehatan psikis lingkungan keluarga

Kemudian yang paling penting untuk menunjang keluarga yang sehat itu dilihat dari segi kesehatan psikis dari lingkungan keluarga itu sendiri. Maksudnya bagaimana dalam suatu keluarga kesehatan mental dan karakter itu dibentuk. Jika kondisi mental atau psikis suatu keluarga itu buruk, maka akan berdampak pada karakter anak yang dididik. Apalagi jika kondisi keluarga dalam keadaan broken home itu hanya akan membuat karakter yang buruk pada anak.seharusnya kondisi psikis keluarga harus dijaga, yaitu dengan menampilkan keharmonisan, saling menghargai, saling menghormati, sopan santun dan karakter baik lainnya, sehingga anak dapat meniru dan berada dalam kondisi psikis yang lebih stabil, dengan psikis yang stabil pun anak dapat menjadi pribadi yang berkarakter baik di lingkungan sekitarnta.

Itulah beberapa kesehatan lingkungan  keluarga yang harus anda ketahui. Keduanya cukup penting terutama poin nomor dua.