Ketikan bayi sudah memasuki usia enam bulan, mereka sudah bisa mengkonsumsi makanan bayi sebagai pendamping ASI. Untuk itu kita sebagai ibu harus pintar dalam memilih jenis makanan pendamping ASI demi menjaga kesehatan bayi dan balita sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan para ibu saat memilih makanan pendamping ASI, diantaranya:

1. Kualitas gizi dari makanan tersebut

Kualitas gizi meruapakan hal utama yang harus kita perhatikan dalam memilih makanan untuk bayi. Karena gizi yang baik akan membantu dan menunjang pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Untuk itu pilihlah makanan yang benar-benar memiliki gizi yang memang dibutuhkan oleh si kecil.

2. Tekstur makanan bayi

Untuk bayi berusia enam bulan, sebaiknya pilih tekstur yang halus, karena sistem pencernaannya belum terbiasa mencerna makanan yang kasar. Untuk itu pilihlah makanan yang mudah silumatkan seperti bubur, sari buah seperti pepaya, pisang, jeruk manis dan sebagainya. ketika bayi sudah berusia 8 bulan baru bisa diberi makanan yang bertekstur seperti nasi tim dan biskuit.

3. Jenis makanan bayi

Kita harus lebih jeli dalam hal memilih jenis makanan untuk bayi. Anda bisa memperkenalkan satu jenis makanan terlebih dahulu untuk mempermudah  ibu dalam mengenali reaksi dan alergi pada si kecil terhadap makanan yang kita berikan.

4. Porsi makanan

Untuk awal perkenalan, anda tidak perlu memaksakan si kecil untuk menghabiskan makanannya. Bagus jika anak lahap makannya, namun jika tidak mau sebaiknya jangan dipaksa. Untuk itu untuk perkenalan, and atidka perlu banyak-banyak dalam emnyajikan makanan untuk bayi, cukup satu sampai dua sendok makan dulu.

5. Urutan makanan bayi

Anda juga harus mengetahui urutan makanan yang harus diberikan pada bayi. Anda bisa mulai memperkenalkannya dengan sari buah, tepung-tepungan dan sayur. Baru ketika anak sudah masuk usia 8 bulan, beri mereka daging, ikan dan telur. Jika anda menunjukan gejala alergi lebih baik hentikan makanan tersebut dan berikan kembali ketika usia satu tahun.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih makana n pendamping ASI bagi bayi. Semua itu dilakukan untuk menjaga kesehatan bayi dan balita guna menunjang pertumbuhan dan perkembangan mereka.